Javascript must be enabled in your browser to use this page.
Please enable Javascript under your Tools menu in your browser.
Once javascript is enabled Click here to go back to PT. Ciriajasa Cipta Mandiri
Company Overview
Istilah-istilah "Internet dan Jaringan" PDF Print E-mail
Istilah-istilah "Internet dan Jaringan"

Istilah-istilah "Internet dan Jaringan"

ADD-IN CARD Suatu kartu/papan ekspansi yang mempunyai ukuran sesuai dengan slot yang terdapat di komputer, digunakan untuk menghubungkan peralatan lain.

ADN Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

ADSL Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

ANONYMOUS FTP Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan "Anonymous" pada isian Username dan alamat email sebagai password.

APLIKASI Sekumpulan program yang dikemas sebagai sebuah paket untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas tertentu, namun cenderung lengkap, misalnya mengolah kata.

ARPANET Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

ATTACHMENT Jika mengirim sebuah file melalui e-mail, maka file bersangkutan disebut sebagai attachment. Jenis file attachment melalui e-mail dapat dalam bentuk apa saja.

AUTHENTICATION Suatu proses verifikasi yang mengidentifikasi penguna, biasanya verifikasi identitas ID pengguna dan password.

BACK DOOR Cara mencapai suatu sistem yang dilindungi password (kata sandi) tanpa menggunakan password. Biasanya dijaga dengan ketat untuk menghindari pengerusakan atau penyalahgunaan.

BACK END PROCESSOR Sebuah server biasa disebut sebagai Back End, dan workstation disebut sebagai Front End. Pada LAN Back End Processor beroperasi pada server, dan bertanggungjawab menjaga integritas data serta menangani kerja prosesor-intensif, seperti penyimpanan dan manipulasi data.

BACK END SERVER Basisdata yang berfungsi dan berprosedur untuk memanipulasi data pada sebuah jaringan.

BACK OFFICE OPERATION Manajemen dan pendukung pekerjaan yang dilakukan jauh dari kantor utama, antara lain seperti pemrosesan kartu kredit, telemarketing, pemeliharaan file data.

BACK UP SERVER Sebuah program atau alat yang dapat meng-copy file hingga sedikitnya dua copy file yang mutakhir tetap tersedia.

BACKBONE Link internet berkecepatan tinggi yang menghubungkan link-link berkapasitas lebih kecil. Umumnya backbone internet menghubungan semua tempat/daerah di satu negara, atau antar negara, atau antar benua.

BACKBONE NETWORK Mekanisme sambungan primer dari suatu jaringan terdistribusi yang berstruktur hirarki. Semua sistem yang memiliki sambungan ke sebuah sistem lanjutan pada jaringan backbone, akan juga memiliki sambungan ke jaringan lainnya.

BACKBONE ROUTER Sistem berkapasitas tinggi yang mengarahkan dan meneruskan arus informasi melintasi backbone jaringan pada saluran leased line.

BACKUP Copy atau duplikasi data komputer pada media penyimpanan eksternal, seperti disket, CD, atau tape.

BAD SECTOR Bagian area yang tidak efektif dari disk (floppy atau hardisk). Perintah MS-DOS atau Windows, yaitu FORMAT, dapat mengunci bad sector, sehingga area tersebut tidak digunakan lagi.

BALLON HELP Suatu bentuk bantuan dengan cara meletakan kursor komputer di atas button atau suatu perintah, beberapa detik kemudian akan muncul tips pertolongan dalam bentuk balon yang menerangkan fungsi dari button tersebut.

BANDWIDTH Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan kanal komputer. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika ditulisdalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second.

BAUD RATE Suatu ukuran seberapa cepat modem dapat mentrasfer data.

BINARY Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

BIOS Basic Input/Output System. Suatu himpunan program yang saling bekerja erat dengan perangkat keras untuk mendukung perpindahan informasi di antara unsur-unsur sistem seperti memori, disk, dan layar monitor.

BIT BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1

BMP Singkatan dari Bitmap. Sebuah format penyimpanan gambar digital; biasa dipakai Windows, contohnya untuk menampilkan wallpaper.

BOOTING Sebuah perintah untuk mengulangi operasi sebuah komputer dari awal

BPS Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

BROADBAND Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.

BROWSER Aplikasi untuk dapat melihat isi situs di internet.

BUG adalah segala kesalahan atau salah fungsi dalam program atau sistem komputer

BYTE Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

CABLE MODEM Alat yang mengirim dan menerima informasi komputer melalui jalur kabel televisi. Kecepatannya melebihi modem dial-up.

CACHE Mekanisme untuk mempercepat perpindahan data dengan cara menyimpan data yang telah diakses pada suatu buffer. Jika data yang sama akan diakses, maka proses pengaksesan data bersangkutan akan berlangsung lebih cepat. Pada internet, sebuah proxy cache akan dapat mempercepat proses browsing dengan cara menyimpan data yang telah diakses pada komputer yang berjarak dekat dengan komputer pengakses.

CACHE MEMORY Ketersediaan RAM (Random Access Memory) atau SRAM (Static Random Access Memory) yang sudah diset sehingga memungkinkan komputer untuk 'mengingat' sesuatu aplikasi, data, informasi. Bila suatu saat aplikasi, data, informasi akan ditampilkan atau diambil, maka dengan cepat dapat dicari melalui RAM dibandingkan dengan mencari melalui proses di hardisk yang biasanya agak lambat.

CACHING Kadang tertulis "cacheing'. Suatu proses penyimpanan informasi di dalam memori atau di server sebagai antisipasi dari permintaan berikutnya.

CD-R CD Recordable. Compact Disc yang dapat ditulis, tetapi tidak dapat dihapus atau ditulis ulang kembali.

CD-ROM Compact Disc-Read Only Memory. CD yang hanya bisa dibaca dan tidak dapat dimasuki data baru atau dihapus.

CD-RW CD ReWritable. Compact Disc yang dapat ditulis, dan dapat dihapus atau ditulis ulang kembali.

CGI Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI

CGI-BIN Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.

CHAT Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

CLIPART Koleksi gambar digital yang siap disisipkan ke dalam dokumen yang dikerjakan pada komputer.

CONNECTIVITY Kemampuan untuk tukar menukar informasi.

COOKIES File teks dalam hard disk yang ditulis oleh situs yang dikunjungi oleh pengguna. File tersebut berisi catatan aktifitas dan informasi lain tentang komputer pengguna, sesuai dengan kemauan pengelola situs.

DATA WAREHOUSING Pemusatan kumpulan dari data suatu jaringan.

DATABASE Di Indonesiakan sebagai basis data atau pangkalan data. Sekumpulan data yang ditata rapi dan sistematis agar isinya dapat dicari dengan mudah dan cepat pada setiap saat.

DATABASE ADMINISTRATOR Orang yang bertanggungjawab untuk mengorganisasikan, merancang, menerapkan, dan mengoperasikan atau mengaplikasikan basis data.

DATABASE SERVER Komputer yang dikhususkan untuk mendistribusikan informasi dalam basis data ke komputer-komputer pada suatu jaringan LAN (Local Area Network).

DBMS Data Base Management System. Suatu perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengambil, merubah, memanipulasi, mensortir, memformat, dan mencetak informasi yang ada dalam basis data.

DEBUG Perintah MS-DOS (debug.com), digunakan untuk menguji atau memasuki lingkungan memori, menampilkan dan melihat sektor dari data yang terdapat pada disk, dan membuat suatu program assembly language. Debug.com dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada beberapa program.

DECODER Suatu alat yang dapat mengubah bentuk informasi menjadi bentuk lainya, biasanya dari analog ke digital, atau sebaliknya. (lihat decoding)

DECODING Mengubah sinyal digital menjadi bentuk analog, atau bentuk lain dari sinyal digital itu sendiri.

DEFAULT Reaksi berupa setting atau operasi tertentuyang secara otomatis diambil oleh perangkatkeras atau perangkat lunak tertentu, jika pe-makai tidak memberikan perintah yang spesi-fik dan dapat di-identifikasi olehnya.

DESKTOP Bidang pada layar monitor yang berisi icon yang siap untuk diklik untuk membuka suatu program.
DESKTOP Lingkungan kerja komputer. Tata letak monitor, menu bar, dan icon-icon yang terasosiasi dengan lingkungan pengoperasian komputer.

DEVICE DRIVER Berlaku seperti penterjemah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang akan menggunkan perangkat keras tersebut. Perangkat yang berhubungan dengan komputer, antara lain seperti hard disk, CD ROM. printer, kartu VGA, kartu suara, dikontrol oleh perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat-perangkat yang bersangkutan.

DHCP Dynamic Host Configuration Protocol. Protokol TCP/IP yang memungkinkan komputer (workstation) mendapatkan alamat IP. DHCP mengijinkan server secara dinamis memberikan alamat IP kepada workstation.

DIAL UP Penggunaan fungsi dial dari telepon untuk keperluan panggilan telepon atau data.

DIAL UP MODEM Modem yang bekerja pada PSTN dan menghubungkan ke komuputer.

DIAL UP NETWORKING Definisi pada Windows 95 dan 98, merupakan pelayanan yang menyediakan jaringan dengan pengguna jauh, ataupun yang bergerak.

DICTIONARY ATTACK Pendobrakan password dengan memberikan sebanyak-banyaknya kemungkinan password yang sesuai/mendekati.

DIGITAL MODEM Modem yang menghubungkan saluran telepon digital ke peralatan komunikasi. Pengunaan pertama dari digital modem adalah perangkat keras yang mendukung saluran ISDN. Selanjutnya dikenal dengan Adapter Terminal ISDN.

DIGITAL MONITOR Monitor (VGA) yang dapat menerima sinyal biner yang jelas pada dua tingkatan. Satu tingkatan sesuai dengan logika 1 (true), tingkatan lainnya sesuai dengan logika 0 (false).

DNS Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola

DOMAIN NAME Sebuah awalan yang digunakan untuk semua jaringan khusus yang merupakan identifikasi nama jaringan sebagai bagian dari sistem. Sering satu dari host sistem menggunakan hanya awalan domain sebagai keseluruhan nama.

DOWNLOAD Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

DOWNSTREAM Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

DPI Singkatan dari dots per inch, jumlah titik per inci. Satuan ukuran untuk resolusi gambar dalam bentuk citra raster. Makin tinggi satuan dpi, berarti makin banyak jumlah titik per inci, sehingga makin banyak detil gambar yang tampak.

DRIVER File dalam hard disk yang berfungsi untuk menghubungkan Personal Computer (PC) dengan perangkat keras. Beberapa driver kadang disertakan oleh produsen perangkat keras yang harus di-install terlebih dahulu ke dalam PC.

E "1. Simbol yang ditujukan untuk kekuatan elektromotif atau voltase.
2. Mempunyai arti elektronik atau penggunaan di dalam teknologi informasi dan komunikasi pada e-mail, e-commerce, e-business, e-government dan lain sebagainya.
3. Mempunyai arti sesuatu yang ada atau melibatkan teknologi internet."

EMAIL Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it , misalnya: This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

ENCRYPTION Metode untuk mengacak data suapaya data bersangkutan tidak dapat dibaca atau dilihat oleh pengguna lain.

FAQ Frequently Asked Question. Kumpulan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna beserta jawabannya.

FAVORITES Alamat dalam browser internet yang memuat alamat situs yang dipilih atau disenangi oleh pengguna, untuk memudahkan kunjungan pengguna berikutnya, sehingga tidak perlu mengetikkan alamat situs lagi.

FIELD Kotak atau sel pada suatu tabel basisdata yang berisi informasi khusus, misalnya "nama pegawai", atau "alamat".

FINGER Protokol yang digunakan untuk mengetahui informasi seorang pengguna pada sebuah komputer.

FIREWALL Komputer yang berfungsi untuk 'menyembunyikan' komputer lainnya dari pengguna internet.

FITUR Aspek dari sebuah produk yang merupakan keunggulan atau nilai lebih.

FLAME Suatu tulisan pada email terhadap seseorang melalui internet yang dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan.

FREEWARE Suatu program yang didistribusikan secara cuma-cuma. Pengguna tidak perlu membayar pembuatnya untuk menggunakan program bersangkutan.

FTP File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP

GATEWAY Protokol yang menghubungkan beberapa tipe jaringan atau aplikasi yang berbeda. Gateway akan mengkonversi pesan dari dua bahasa aplikasi yang berbeda, sehingga dapat dimengerti oleh masing-masing aplikasi.

GIF Graphics Interchange Format. Sebuah format penyimpanan file gambar digital yang tidak banyak memiliki warna, hanya 256 warna, dan sering digunakan untuk halaman web, karena ukuran file-nya lebih kecil dibandingkan dengan format bmp.

GIGABYTE (GB) Satuan ukuran data digital. 1 Gb = 1.024 Megabyte (Mb).

GPRS General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia

GRAPHIC Di-Indonesiakan sebagai grafis. Suatu informasi pada PC yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau teks bergaya gambar, bukan penampilan dalam bentuk teks biasa.

HOMEPAGE Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser

HOST Komputer yang terkoneksi dengan jaringan.

HTML Hyper Text Markup Language. Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (www). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.

ICON Gambar kecil pada layar monitor yang mewakili sebuah program atau menu; jika gambar tersebut diklik, maka si gambar akan menerjemahkannya sebagai perintah untuk melakukan sesuatu.

IMAP Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP

INTERNET Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet.dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.

INTRANET Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

IP ADDRESS Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

ISDN Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN

ISO International Standards Organization. Suatu perkumpulan multinasional yang bertangungjawab pada formulasi, drafting regulasi, dan standarisasi teknologi yang berlaku di dunia internasional.

ISP Internet Service Provider. Penyedia Jasa Internet, yakni suatu lembaga atau perusahaan yang menghubungkan komputer pengguna dengan internet.

JPEG/JPG Joint Photographic Expert Group. Sebuah format penyimpanan gambar digital dengan pe'ngepres'an file sehingga ukuran file-nya bisa mengecil; biasa digunakan oleh halaman web dan kamera digital

LAN Local Area Network. Jaringan komputer yangberukuran relatif kecil; terdapat sebuah kom-puter yang berfungsi sebagai server dan be-berapa komputer berfungsi sebagai work-station

LEASED LINE Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini

LINK Teks atau gambar pada jendela aplikasi yang terhubung dengan file atau program lain.

LOADING Proses transfer data dari satu media penyimpanan/komputer ke media/komputer lain.

LOGIN Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

MAILING LIST Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya

MIME Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

MODEM Modulator-demodulator. Alat untuk mengirim dan menerima data digital dari satu komputer ke komputer lain melalui kabel telepon atau kabel khusus.

MSS Maximum Segment Size. Sejumlah bit dalam paket data TCP (Transmission Control Protocol), normalnya sama dengan MTU (Maximum Transfer Unit)-40, biasanya dengan header TCP/IP (Internet Protocol) ekstra 40 bit.

MTA Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).

MTU Maximum Transfer Unit. Sejumlah bit program TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang akan mengirimkan satu paket data.

NETWORK Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar

NIC Network Interface Card (NIC). Alat yang menghubungkan komputer dengan jaringan; nama lain Adapter Card.

NNTP Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.

NODE Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network

OFFLINE Status yang menyatakan bahwa sebuah komputer tidak/belum terhubung ke komputer lain.

ONLINE Status yang menyatakan bahwa sebuah komputer terhubung ke komputer lain.

PACKET SWITCHING Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router

PASSWORD Kata sandi untuk memasuki sebuah program atau aplikasi

PERL Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh

POP Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

PPP Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem

PSTN Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel

RFC Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822

ROUTER Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan

SDSL Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

SECURE Suatu cara pengamanan data yang telah diacak sedemikian rupa, sehingga sulit untuk dibaca oleh pengguna lain, tetapi masih dapat dibaca oleh pengguna tertentu.